Berlibur dengan Bus dari Kota Solo Menuju Kota Pekanbaru

  • Solo

     

    Solo yang juga dikenal sebagai Surakarta adalah salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh turis-turis di dunia karena dengan adanya gunung yang masih aktif berapi seperti gunung Merapi di bagian utara dan gunung Lawu di bagian tenggara yang mengapitnya. Kota Solo telah menjadi pusat dari tradisi dan adat Jawa dan memiliki 2 rumah kerajaan yang besar yaitu Keraton Surakarta dan Pura (Puro) Mangkunegaran. Di Solo juga terdapat tempat makan terbaik dibandingkan dengan beberapa kota di Indonesia dan makanannya pun lezat. Orang-orang yang tinggal disini terdiri dari beberapa etnik yang berbeda yang membuat makanan disini juga beragam seperti mie ayam, roti mandarin, serabi, bakmi ketoprak, kambing guling, dan masih banyak jenis lainnya. Itu yang memberikan sesuatu yang elegan bagi kota ini. Solo juga berfungsi sebagai salah satu pusat utama untuk produksi batik dan kain Jawa lainnya. Karena menjadi pusat produksi batik, pemerintah Solo menggelar dua festival tahunan besar-besaran yang bertema batik yaitu Solo Batik Carnaval dan Solo Batik Fashion. Disini ada banyak wisatawan pemburu souvenir dan disini juga terdapat banyak produk istimewa yang anda dapat beli dengan harga yang sangat murah. Jika anda adalah salah satu yang menyukai budaya kuno, tradisi dan seni, Solo merupakan kota yang sangat tepat untuk anda singgahi karena ada beberapa pasar lokal disini yang menjual barang antik dan seni tradisional yaitu Pasar Triwindu/Windu Jenar (setiap Sabtu malam diubah menjadi Pasar Ngarsopuro) serta Pasar Keris dan Cenderamata Alun-Alun Utara . Solo adalah kota yang terkenal karna tidak pernah tidur, disana ada beberapa took yang selalu buka 24 jam.

     

    Pekanbaru

     

    Pekanbaru adalah salah satu kota terkecil di Indonesia dan terletak di provinsi Riau, di bagian timur pulau Sumatera. Pekanbaru termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Kota ini juga memiliki banyak pasar tradisional dan bahkan sampai sekarang banyak sekali pasar yang ada disini, itulah mengapa kota ini diberi nama Pekanbaru yang secara harfiah memiliki arti pasar baru. Kota ini berlokasi dekat dengan Sungai Siak. Ini yang menyebabkan kota ini menjadi pusat perdagangan terbesar di pelabuhan karena aksesnya yang sangat mudah ke laut. Pelabuhan yang ada di Sungai Siak yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Kota Pekanbaru memiliki luas sekitar 450 km persegi dan Pekanbaru telah menjadi rumah bagi lebih dari 8 juta populasi disini. Kota ini juga dikenal sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia.

    Bus merupakan salah satu moda transportasi terbaik di Indonesia. Daripada terjebak dalam kemacetan lalu lintas dan membayar untuk itu, banyak penduduk setempat yang memilih untuk bepergian dengan bus. Frekuensi bus juga cukup teratur dengan bus yang selalu datang hampir setiap 15 menit. Saya merekomendasikan anda untuk memesan tiket bus anda sebelumnya dari jejaring situs redbus karena tiket bus sangat cepat habis terjual. Situs ini memberikan anda potongan harga yang besar dan anda dapat memilih berbagai pilihan jenis bus seperti ekonomi, ekspress, sampai yang berkelas. Perjalanan dengan bus akan membebankan biaya antara Rp. 50.000,- sampai Rp. 200.000,- semua tergantung dari bus kelas apa yang anda pesan. Jika anda berpacu dengan waktu, saya akan merekomendasikan anda untuk memesan bus ekspress karena pemberhentian hanya dilakukan beberapa kali dan anda akan cepat sampai pada tujuan. Jika anda memiliki anggaran minim, saya sarankan anda untuk memesan tiket bus kelas ekonomi. Bus mewah memiliki kelas terpisah dengan fasilitas seperti kursi yang dapat bersandar, film, dan makanan ringan. Jadi pesan tiket anda sekarang dan bersemangat sepanjang perjalanan menuju kota-kota tujuan anda.

     

    Cukup banyak bus yang melakukan perjalanan antara kota yang disebut dengan jiwanya Jawa ini menuju ke Pekanbaru di setiap harinya. Bus ini memulai keberangkatan dari Solo setiap 4 jam sekali mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00 pada malam hari. Perjalanan dengan bus merogoh kocek sekitar Rp. 300.000,- dan cukup nyaman untuk berkendara dengan moda transportasi bus.